A.
PENGARUH TEKNOLOGI IMFORMASI DALAM
PENDIDIKAN
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat
pesat saat ini telah mempengaruhi secara nyata
perkembangan cara-cara
yang digunakan dalam proses pendidikan. Produk-produk hasil perkembangan teknologi informasi (TI) telah menginvasi secara langsung di hampir
seluruh aspek pendidikan, dan memunculkan pergeseran paradigma dalam penyelenggaraan proses belajar
dan mengajar (Lustigova & Lustig, 2009).
Sekurangkurangnya terdapat 4 pergeseran paradigma pembelajaran saat ini, yakni
B.
APLIKASI DESKTOP VERSUS WEB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran pada umumnya diimplementasikan ke dalam dua jenis program aplikasi yakni aplikasi desktop dan aplikasi berbasis web. Aplikasi desktop diartikan sebagai program aplikasi komputer yang dapat berjalan secara offline (komputer tidak terhubung ke jaringan internet). Pada aplikasi ini, pengguna memasang program aplikasi pada komputer/laptopnya sesuai dengan sistem operasi yang digunakannya. Dalam menjalankan aplikasi ini, pengguna tidak memerlukan adanya jaringan internet, karena aplikasi dapat berjalan secara offline pada komputernya. Karena bersifat offline, semua file pendukung aplikasi berada pada komputer lokal, sehingga aplikasi desktop dapat berjalan dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan aplikasi web yang berjalan secara online. Selain itu, dengan aplikasi desktop pengguna dapat dengan mudah melakukan perubahan-perubahan pada setting programnya. Namun, dengan menggunakan aplikasi desktop pengguna tidak dapat menjalankannya pada kompter lain karena aplikasi ini harus dipasang dulu programnya di komputer yang akan digunakan untuk menjalankannya.
C. INTERNET SEBAGAI BASIS PEMBELAJARAN ONLINE
Internet didefinisikan sebagai jaringan global yang menghubungkan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia dengan menggunakan prosedur tertentu. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, dewasa ini telah dikembangkan teknologi internet dengan berbagai aplikasinya, saat ini banyak rancangan pembelajaran telah melibatkan internet sebagai salah satu bagian untuk mendukung implementasinya dan situasi seperti ini menjadikan munculnya istilah-istilah seperti pembelajaran berbasis web atau web-based learning, eksperimen berbasis web atau web- based experiment (Chen, Song, & Zhang, 2010).
Aplikasi internet dalam mendukung bidang pembelajaran dapat dipandang sebagai media, jaringan atau tools dengan aplikasi:
Kegunaan Web Bagi Pendidikan Sebagai bagian dari sistem jaringan global internet, web memberikan manfaat yang sangat besar bagi para penggunanya. Alessi & Trollip (2001)
menyebutkan bahwa web dapat berperan antara lain sebagai standar jaringan, platform, media penyampaian, media komunikasi, metodologi pembelajaran,
dan media pengintegrasian seperti diilustrasikan pada gambar 4 berikut ini
0 $type={blogger}:
Posting Komentar