About

Jumat, 29 April 2022

Prinsip Dasar Pembelajaran PTK

 

TUGAS PORTOFOLIO KE – 5

NA’ILIR ROKHMAH/ 2108049031


Prinsip Dasar Pembelajaran PTK

1.    Dari rumusan prinsip-prinsip pembelajaran PTK yang telah dikemukakan para ahli, rumuskan kembali prinsip-prinsip pembelajaran PTK tersebut berdasarkan situasi dan kondisi yang ada sekarang!

 


Menurut pendapat saya pada proses sosial, berdasarkan situasi dan kondisi saat ini pengaruh lingkungan sangatlah besar. Banyak sekali siswa yang tidak melanjutkan sekolah karena pengaruh lingkungan. Ada juga siswa yang pindah jurusan ketika sekolah katena pengaruh lingkungan. Namun ada juga siswa yang sukses di Pendidikan karena pengaruh lingkungan. Lingkungan sangat berperan besar dalam mempengaruhi Pendidikan.

 

Pendidikan Kejuruan menyiapkan lulusan yang siap kerja sesuai dengan jurusannya. Oleh sebab itu Pendidikan kejuruan lebih mengutaman skill dari pada pengetahuan. Bukan hanya itu, Pendidikan kejuruan bertujuan untuk memberikan bekal kepada peserta didik untuk mengembangkan dirinya. berdasarkan situasi dan kondisi saat ini Pendidikan kejuruan sudah berjalan dengan baik namun pada kenyataannnya pada berdasarkan situasi saaat ini sulitny lulusan SMK sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang linier, hal ini disebabkan karena sulitmya DUDIKA untuk diajak bekerjasama dalama hal rekuitmen bekerja.


Pendidikan kejuruan dapat diklasifikasikan ke dalam jenis pendidikan khusus (specialized education) karena kelompok pelajaran atau program yang disediakan hanya dipilih oleh orang-orang yang memiliki minat khusus untuk mempersiapkan dirinya bagi lapangan kerja di masa mendatang. Namun pada kenyataannya banyak siswa kejuruan ketika lulus mereka memilih tidak bekerja namun lebih memilih pada melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena DUDIKA lebih memilih karyawan yang memiliki jenjang yang lebih tinggi. Lulusan Kejuruan masih sedikit diragukan oleh DUDIKA.

 

berdasarkan situasi dan kondisi saat ini arti pentingnya pendidikan kejuruan bagi Peserta didik adalah bahwa Pendidikan kejuruan bagi siswa bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik untuk siap kerja. Namun pada kenyataannya banyak lulusan kejuruan yang tidak bekerja melainkan lebih memilih pada melanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi dengan tujuan mereka lebih muah mencari lapangan pekerjaan.

 

berdasarkan situasi dan kondisi saat ini Pendidikan kejuruan bagi Masyarakat adalah bahwa Pendidikan kejuruan itu bertujuan untuk mencetak lulusan yang siap kerja sehingga nilai pengangguran berkurang. Namun pada kenyataannya banyak sekali lulusan kejuruan yang tidak bekerja hal ini disebabkan sulitnya mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusnnya dan sedikitnya jumlah lapangan pekerjaan dibandingkan banyaknyak jumlah lulusan.

Pendidikan kejuruan adalah pendidikan yang diselenggarakan bagi para siswa yang merencanakan dan mengembangkan karirnya pada bidang keahlian tertentu untuk bekerja secara produktif.

Fungsi pendidikan kejuruan menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja produktif antara lain meliputi:

Memenuhi keperluan tenaga kerja dunia usaha dan industri.

Menciptakan lapangan kerja bagi dirinya dan bagi orang lain.

Merubah status siswa dari ketergantungan menjadi bangsa yang berpenghasilan (produktif).

Sedangkan sebagai tenaga kerja professional siswa mampu mengerjakan tugasnya secara cepat, tepat dan effisien yang didasarkan pada unsur-unsur berikut:

Ilmu atau teori yang sistematis,

Kewenangan professional yang diakui oleh klien,

Sanksi dan pengakuan masyarakat akan keabsahan kewenangannya dan

Kode etik yang regulative.

Selanjutnya, menyiapkan siswa menguasai IPTEK dimaksudkan agar siswa:

Mampu mengikuti, menguasai, dan menyesuaikan diri dengan kemajuan IPTEK.

Memiliki kemampuan dasar untuk dapat mengembangkan diri secara berkelanjutan

Prinsip pendidikan kejuruan didefinisikan sebagai generalisasi untuk menyiapkan dan menjadi arahan untuk program dan konstruksi kurikulum, evaluasi, pemilihan praktik instruksional, dan pengembangan kebijakan.Dengan kata lain: para praktisi pendidikan kejuruan dapat merencanakan/membuat program dan kurikulum pendidikan, evaluasi, dan proses pembelajaran maupun kebijaksanaan lain yang dikembangkan berdasarkan kepentingan dan perkembangan zaman atau IPTEK. Prinsip-prinsip kontemporer pendidikan kejuruan mencerminkan praktik sukses dari masa lalu dan reinterpretasi dari prinsip-prinsip ini untuk memenuhi kebutuhan perubahan zaman.

 

HASIL DISKUSI KELOMPOK

Prinsip-prinsip PTK pada situasi sekarang :

A.      Pembelajaran untuk bekerja

B.       Pembelajaran tentang bekerja

C.       Pemahaman sifat dasar bekerja

Berdasarkan prinsip-prinsip diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan yang dilaksanakan berdasarkan dengan kebutuhan industri. Pendidikan kejuruan seharusnya menduduki posisi yang berarti karena mampu menghasilkan lulusan yang siap kerja. Namun, Persepsi publik terhadap pendidikan teknologi, terutama jalur profesional, yang didesain untuk memasuki lapangan kerja, masih menempatkan pendidikan profesional (nongelar) hanya untuk siswa yang kurang cemerlang.

Orang tua masih yakin bahwa pekerjaan yang baik hanya diperoleh lewat jalur pendidikan sarjana. Hal ini menyebabkan pendidikan teknologi dan kejuruan belum menduduki posisi yang berarti dalam panggung pendidikan kita.

PTK akan efektif  jika lingkungan peserta didik dilatih seperti replica di lingkungan kerja. Untuk menciptakan suatu suasana belajar yang mirip dengan dunia kerja dan dunia industri, diperlukan banyak perlengkapan, sarana dan prasarana. Ketersediaannya bengkel yang lengkap dengan alat dan bahannya akan memberikan pengalaman belajar yang hampir sama dengan di lapangan sehingga ketika peserta didik  berinteraksi langsung dengan dunia industri, telah memiliki kemandirian dan keterampilan kerja sesuai yang diharapkan. Untuk membuat suatu replica sesuai lingkungan kerja, maka diperlukan biaya yang besar sehingga kami yakin bahwa tidak semua sekolah kejuruan dapat melakukan hal tersebut karena masalah pendanaan. Oleh karena itu, kerjasama dengan industri sangat diperlukan untuk mewujudkan hal ini.

Sarana Prasarana belajar mengajar dan praktikum di SMK harus berstandar dan selalu mengikuti perkembangan teknologi sehingga bermafaat bagi peserta didik.Prasarana dan sarana pendidikan adalah salah satu sumber daya yang menjadi tolok ukur mutu sekolah dan perlu peningkatan terus menerus seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cukup canggih. Manajemen prasarana dan sarana sangat diperlukan dalam menunjang tujuan pendidikan yang sekaligus menunjang pembangunan nasional, oleh karena itu diperlukan pengetahuan dan pemahaman konseptual yang jelas agar dalam implementasinya tidak salah arah. Dan juga pendidikan teknologi dan kejuruan harus memperhatikan  permintaan pasar sekolah  Menengah  Kejuruan  (SMK) adalah bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan mempersiapkan tenaga yang memiliki keterampilan dan pengetahuan sesuai dengan kebutuhan persyaratan lapangan kerja dan mampu mengembangkan potensi dirinya dalam mengadopsi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Dalam proses pendidikan kejuruan perlu ditanamkan pada peserta didik pentingnya penguasaan pengetahuan dan teknologi, keterampilan bekerja, sikap mandiri, efektif dan efisien dan pentingnya keinginan sukses dalam kariernya

Apakah penyelenggaraan pendidikan kejuruan di Indonesia sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran pendidikan kejuruan dari para ahli? Kemukakan alasannya.

 Bagi indonesia, dengan dikelurkannya UU tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU tentang guru dan dosen menunjukkan adanya upaya pemerintah dalam membenahi sistem pendidikan nasional. Namun proses ini pun diperkiran masih memerlukan waktu yang panjang karena standar-standar pendidikan belum menampakkan sebagai hasil yang optimal dalam arti masih perlu diuji coba dan disempurkan.

Untuk mengoperasionalkan kebijakan-kebijakan pemerintah yang dalam hal ini adalah Kemendikubudristek maka setiap satuan pendidikan terlebih dahulu harus mengembangkan kurikulum dengan mengacu pada pedoman-pedoman pengembangan kondisi daerah dimana satuan pendidikan (sekolah) itu berada dan kerjasama yang erat dengan perusahaan perusahaan yang linier.

Pendidikan kejuruan bertujuan untuk menyiapkan tenaga kerja yang siap kerja baik bekerja secara mandiri maupun mengisi lowongan tertentu. PTK yang merupakan salah satu institusi yang menyiapka tenaga kerja dituntut mampu menghasilkan lulusan sebagaimana yang diharapkan oleh sekolah, masyarakat dan dunia industri. Tenaga kerja yang dibutuhkan adalah tenaga kerja yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya, memiliki adaptasi dan daya saing yang tinggi. Untuk dapat mengembangkan tenaga kerja yang dapat bersaing di pasar industri, maka perlu pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan industri, yang didukung oleh sarana dan prasarana praktikum yang memadai.

 

0 $type={blogger}:

Posting Komentar

Prodmat 1
Prodmat 2
Prodmat 3
Prodmat 4
Prodmat 5

Video's